Mengenal Hardisk ATA dengan SATA

Tips!
Hardisk adalah Tempat Penyimpanan File2 yang ada pada Komputer atau PC, untuk itu perlu kita mengetahui Beberapa Jenis Hardisk, diantaranya ATA dan SATA...













YahooGlee- Hai... Saudara-saudari YahooGlee, mari kita belajar sedikit mengenai Perangkat Keras (Hardware) komputer yang satu ini yaitu HARDISK, sudah pada tahu belum? apa itu hardisk? Hardisk adalah Sebuah Perangkat yg berfungsi menyimpan data-data komputer atau bisa dibilang Otaknya Komputer, namun Hardisk sekarang memiliki beberapa macam diantaranya Hardisk Type ATA dan SATA nah mari lihat gambar dibawah ini dulu.



Untuk membedakan Hardisk ATA dengan SATA cukup mudah hanya dari Colokan kabel nya saja, coba lihat gambar dibawah ini.

Nah Ini dia yg dinamakan hardisk ATA


Kebanyakan type drive yang digunakan oleh para pengguna komputer adalah tipe ATA (dikenal  dengan IDE drive).  Tipe ATA di buat berdasarkan standar tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit paralel  dan terus berkembang dengan penambahan kecepatan transfer  dan ukuran sebuah disk. 

Standart terakhir adalah ATA-7 yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2001 oleh komite T13(komite yang bertanggung jawab menentukan standart ATA). Tipe ATA-7 memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec. 



Kemudian selama tahun 2000 ditentukan standar untuk paralel  ATA yang memiliki data rate  sebesar 133 MB/sec, tapi paralel ATA terdapat banyak masalah hal singnal timin, EMI(electromognetic interference) dan intergitas data. Kemudian  para  industri berusaha menyelesaikan masalah yang di timbulkan oleh paralel ATA dan di buat standar baru  yang di sebut Serial ATA (SATA)

ATA (Advanced  Technology Attachment)  menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol  peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan  power yang berbeda.



Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA seperti 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter (39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.



Untuk Hardisk SATA beda lagi dengan yg ATA, kalau ATA colokan untuk kabelnya cukup simple lho... Coba deh lihat gambar dibawah ini.

Ini nih Hardisk SATA 


SATA dengan 15 pin kabel power  dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan  SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin  yaitu sebesar 150 MB/sec
Keuntungan lainya dari SATA  adalah SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat  mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer.





Sedangkan dalam harga, drive SATA  lebih mahal sedikit di bandingkan drive ATA , kesimpulanya SATA lebih memiliki keuntungan dibandingkan ATA dalam connector, tenaga, dan yang paling penting  performanya. Sekarang standar ATA telah mulai  di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.

Nah... Begitu saja yah, sedikit penjelasan tentang Hardisk ATA dengan SATA semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Komputer anda....

Salam Sejahtera... jangan lupa yah... tetap kunjungi terus YahooGlee...^_^

Baca dan Pelajari juga yg ini!

No comments...Leave one now

© 2013. YahooGlee. Hak Cipta dilindungi Oleh Undang-undang.

DMCA.com Ping your blog, website, or RSS feed for Free